• SMA NEGERI 1 SONDER
  • Torang pe skolah, marjo torang bangun sama-sama.

Visi dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN, PROFIL PELAJAR

  1. VISI SMA NEGERI 1 SONDER

Visi yang dimiliki SMA Negeri 1 Sonder diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Adapun Visi SMA Negeri 1 Sonder adalah sebagai berikut : Membangun sumber daya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Beretika, Kreatif dan mandiri”.  

 

  1. MISI SMA NEGERI 1 SONDER

Misi SMA Negeri 1 Sonder ditetapkan sebagai representasi dari elemen Profil Pelajar Pancasila yaitu susila, cakap dan bertanggung jawab. Tujuh misi SMA Negeri 1 Sonder adalah sebagai berikut :

  • Mempertebal iman dan taqwa terhadap tuhan Yang Maha Esa, menurut Agama dan Kepercayaan masing-masing.
  • Terlaksananya 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan
  • Mengoptimalkan KBM untuk mencapai Kualitas Pendidikan serta unggul dalam prestasi
  • Melaksanakan pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 yang bermutu melalui bimbingan secara komunikatif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
  • Menjadikan disiplin dan etika sebagai bagian dari kehidupan setiap warga sekolah
  • Memberdayakan potensi profesionalisme guru
  • Mempererat hubungan kemitraan dan kekeluargaan antara guru dan orang tua (komite)
  • Mengembangkan apresiasi seni dan kreatifitas olahraga dalam rangka pemenuhan kebutuhan minat bakat siswa
  • Memantapkan keamanan, ketertiban, keindahan , dan kerindangan lingkungan sekolah.

 

  1. TUJUAN SMA NEGERI 1 SONDER

Tujuan akhir yang diharapkan oleh SMA Negeri 1 Sonder dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.

  • Tujuan jangka panjang :
  1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
  • Tujuan jangka menengah
  1. Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menyusun beban belajar bagi pelajar yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.
  3. Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
  4. Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
  5. Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA, baik akademik dan non akademik.
  6. Memfasilitasi pelajar untuk mampu menyusun karya tulis yang orisinil.
  7. Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.
  • Tujuan jangka pendek
  1. Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila a. Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek. b. Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila. c. Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
  2. Proses belajar yang manageable namun tetap berkualitas a. Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 95%. b. Mengelola proses belajar mengajar agar tingkat kepuasan pelajar mencapai minimal 90%.
  3. Keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis a. Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata pelajaran. b. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning. c. Melaksanakan 100% proses penilaian yang mengandung minimal 25% soal bertipe HOTS. d. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan benar.
  4. Penguasaan 6 literasi dasar a. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar. b. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar. c. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
  5. Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA. Memfasilitasi 100% pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan. b. Menangani 100% pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
  6. Karya tulis yang orisinil a. Membekali 100% pelajar dengan pengetahuan tata cara penulisan karya ilmiah melalui proyek Profil Pelajar Pancasila. b. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis ilmiah sesuai dengan minatnya dengan maksimal 20% pada plagiarism score (menggunakan turnitin checker).
  7. Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat a. Mendorong 100% pelajar memilih kelas peminatan berdasar bakat dan minatnya. b. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya. c. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya. d. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Unduhan

Daftar File Yang Bisa di Download : Standar Penilaian Permendikbudristek No 21 Tahun 2022 Standar Isi Permendikbudristek No 7 Tahun 2022 Standar Proses Permendikbudristek No 16 Tahun 2

08/03/2024 17:12 - Oleh Administrator - Dilihat 193 kali
Struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI SMA NEGERI 1 SONDER

07/03/2024 19:00 - Oleh Administrator - Dilihat 248 kali
Guru Pegawai

Daftar Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Sonder (Data per 1 Januari 2024) No Nama NIP Jabatan Keterangan 1. Drs. Frangki Pangalila 196506231998021002 Kepala Sekolah  

29/02/2024 08:25 - Oleh Administrator - Dilihat 272 kali
Profil

Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sonder berdiri pada tanggal 8 Juli 2008 Dengan Surat Keputusan Pendirian Nomor 186 Tahun 2008 yang berada di Desa Tounelet Satu Kecamatan Sonder Kabupaten

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 340 kali