Visi dan Misi
VISI, MISI, TUJUAN, PROFIL PELAJAR
- VISI SMA NEGERI 1 SONDER
Visi yang dimiliki SMA Negeri 1 Sonder diturunkan dari tujuan nasional pendidikan di Indonesia yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Adapun Visi SMA Negeri 1 Sonder adalah sebagai berikut : “Membangun sumber daya manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Beretika, Kreatif dan mandiri”.
- MISI SMA NEGERI 1 SONDER
Misi SMA Negeri 1 Sonder ditetapkan sebagai representasi dari elemen Profil Pelajar Pancasila yaitu susila, cakap dan bertanggung jawab. Tujuh misi SMA Negeri 1 Sonder adalah sebagai berikut :
- Mempertebal iman dan taqwa terhadap tuhan Yang Maha Esa, menurut Agama dan Kepercayaan masing-masing.
- Terlaksananya 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan
- Mengoptimalkan KBM untuk mencapai Kualitas Pendidikan serta unggul dalam prestasi
- Melaksanakan pembelajaran Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 yang bermutu melalui bimbingan secara komunikatif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
- Menjadikan disiplin dan etika sebagai bagian dari kehidupan setiap warga sekolah
- Memberdayakan potensi profesionalisme guru
- Mempererat hubungan kemitraan dan kekeluargaan antara guru dan orang tua (komite)
- Mengembangkan apresiasi seni dan kreatifitas olahraga dalam rangka pemenuhan kebutuhan minat bakat siswa
- Memantapkan keamanan, ketertiban, keindahan , dan kerindangan lingkungan sekolah.
- TUJUAN SMA NEGERI 1 SONDER
Tujuan akhir yang diharapkan oleh SMA Negeri 1 Sonder dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan misi sekolah ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.
- Tujuan jangka panjang :
- Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga pada budaya bangsanya dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
- Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
- Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
- Tujuan jangka menengah
- Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat berlandaskan Profil Pelajar Pancasila.
- Menyusun beban belajar bagi pelajar yang manageable namun tetap berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan dan kontekstual.
- Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
- Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
- Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA, baik akademik dan non akademik.
- Memfasilitasi pelajar untuk mampu menyusun karya tulis yang orisinil.
- Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.
- Tujuan jangka pendek
- Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila a. Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek. b. Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila. c. Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
- Proses belajar yang manageable namun tetap berkualitas a. Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 95%. b. Mengelola proses belajar mengajar agar tingkat kepuasan pelajar mencapai minimal 90%.
- Keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis a. Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata pelajaran. b. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning. c. Melaksanakan 100% proses penilaian yang mengandung minimal 25% soal bertipe HOTS. d. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan benar.
- Penguasaan 6 literasi dasar a. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 100% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar. b. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar. c. Membekali agar 100% pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.
- Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA. Memfasilitasi 100% pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan. b. Menangani 100% pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.
- Karya tulis yang orisinil a. Membekali 100% pelajar dengan pengetahuan tata cara penulisan karya ilmiah melalui proyek Profil Pelajar Pancasila. b. Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis ilmiah sesuai dengan minatnya dengan maksimal 20% pada plagiarism score (menggunakan turnitin checker).
- Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat a. Mendorong 100% pelajar memilih kelas peminatan berdasar bakat dan minatnya. b. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya. c. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya. d. Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Unduhan
Daftar File Yang Bisa di Download : Standar Penilaian Permendikbudristek No 21 Tahun 2022 Standar Isi Permendikbudristek No 7 Tahun 2022 Standar Proses Permendikbudristek No 16 Tahun 2
Struktur Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI SMA NEGERI 1 SONDER
Guru Pegawai
Daftar Guru dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Sonder (Data per 1 Januari 2024) No Nama NIP Jabatan Keterangan 1. Drs. Frangki Pangalila 196506231998021002 Kepala Sekolah
Profil
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sonder berdiri pada tanggal 8 Juli 2008 Dengan Surat Keputusan Pendirian Nomor 186 Tahun 2008 yang berada di Desa Tounelet Satu Kecamatan Sonder Kabupaten